02.25

Pendiri Google Melepas Sahamnya

Diposting oleh Gilang "BOAZ"

Menurut US Securities and Exchange Commission (SEC), kedua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin berniat menjual sahamnya atas perusahaan internet raksasa ini, masing-masing lima juta lembar, sehingga bagian mereka akan turun di bawah 50 persen.

Data SEC menyatakan bahwa penjualan saham ini, yang akan berjalan selama lima tahun ke depan, adalah bagian dari rencana pengaturan saham yang telah ditentukan oleh Page dan Brin sejak 30 November 2009. SEC menyatakan bahwa para pendiri Google ini sekarang menguasai 57,7 juta saham Google, yaitu 18 persen dari saham beredar dan memiliki kekuatan 59 persen dari hak suara. Page dan Brin masing-masing berencana menjual lima juta sahamnya, berarti nantinya saham bereka menurun menjadi 47,7 juta, atau 15 persen dari saham beredar dan kekuatan hak suaranya 48 persen.

Dengan begitu memang mayoritas hak suara tak akan dipegang oleh Page dan Brin lagi, tapi andil mereka masih cukup untuk mempengaruhi kendali atas perusahaan periklanan dan pencarian internet raksasa ini.

Menurut data SEC langkah ini diambil, "agar Larry dan Sergey bisa menjual sebagian andil mereka dalam Google dalam suatu periode waktu sebagai bagian dari rencana jangka panjang mereka demi diversifikasi dan likuiditas aset individual mereka. Dengan menjalankan rencana ini, secara bertahap mereka bisa mendiversifikasikan portfolio investasi mereka dan menyebarkan penempatan saham mereka dalam suatu periode waktu agar tahan terhadap perubahan pasar."

Lima juta lembar saham Google bernilai total 2,75 miliar dolar AS.

Di Rilis oleh Kompas.com

0 komentar: